Monday, March 12, 2007

Dreamgirls & Walk The Line

Ketika kesuksesan mendatangkan kesusahan

Kedua film ini menceritakan perjalan karir penyanyi beserta lika-likunya. Gw ga' tau keduanya, baik group The Supremes yang digawangi Diana Ross maupun John Cash yang keduanya mungkin hidup di tahun 60an. Lagunya juga ga familiar, cuma lagunya john cash pernah ada yang denger 1 atau 2 lagu tapi sekarang juga dah lupa lagi.

Walk the Line menceritakan kisah John Cash (Joaquen Phoenix) yang mengawali karir sebagai sales dan terus menghidupkan mimpinya untuk menjadi penyanyi. Dengan bermodal gitar dan lagu yang ditulisnya sendiri akhirnya berhasil mengantarnya menjadi penyanyi top dan mempertemukannya dengan June Carter (Reese Witherspoon) penyanyi terkenal dan cantik yang membuatnya jatuh cinta (lagi). Kesuksesannya dipangung seperti juga yang dialami banyak artis tidak diikuti kesuksesan dalam kehidupan pribadinya terutama masalah cinta dan obat terlarang. John sangat terobsesi dengan June dan obat-obatan, hal inilah yang membuat perkawinannya dengan vivian berakhir. Cinta sejati John adalah June Carter dan dia berusaha meyakinkan June untuk bisa menerimanya, butuh perjuangan berat bagi John untuk mendapatkannya. Akhirnya cinta sejati itu pula yang menyembuhkannya ketika June bersedia menerima menjadi istrinya.

Dreamgirls menceritakan perjuangan 3 ce' yang pada awalnya hanya menjadi backing vokal James "thunder" Early (Eddy Murphi) akhirnya bisa menjadi group terkenal berkat tangan dingin sang manajer Curtis (Jamie Foxx). Untuk meningkatkan popularitasnya maka posisi lead vocal yang semula dipegang Effie White (Jennifer Hudson) digantikan oleh Deena Jones (Beyonce Knowles) yang jauh lebih cantik. Effie yang tidak menerima perubahan ini akhirnya memutuskan keluar, ketika dia berubah pikiran untuk kembali ke groupnya ternyata posisinya sudah digantikan orang baru. Bukan hanya dia kehilangan posisi di group tersebut, ia juga kehilangan kekasihnya, Curtis, yang akhirnya menikahi Deena. Karir Effie berbanding terbalik dengan kesuksesan Dreamgirls, namun kesuksesan inipun tidak mendatangkan kebahagiaan. James bunuh diri, Effie bersama adiknya yang dulu memilih mendukung Curtis mengajukan tuntutan hukum, Deena minta cerai dan akhirnya Dreamgirlspun bubar.

Walaupun keduanya mengangkat topik yang sama, gw lebih suka Walking The Line. Mungkin ini karena pengaruh gw yang suka ama film yang bisa bikin gw hanyut (oleh airmata), atau karena jenis music dreamgirls R&B jadul yang ga' terlalu gw sukai, atau karena penggarapan dreamgirls yang seperti panggung broadway (katanya diangkat dari sini juga) sehingga setiap moment lebih digambarkan via lagu. Tapi akting bintang-bintang yang ada di ke-2 film ini gw nilai cukup bagus, tidak salah kalo reese dan jennifer mendapatkan oscar atas peran brillian mereka.

No comments: